Wednesday, July 10, 2013

The Book

Some of my first semester collections (dok. pribadi/andrewied)
Buku. Salah satu hal yang aku cintai.

Dari gambar di atas, ada sedikit cerita di baliknya. Di tumpukan sebelah kiri, tampak beberapa judul bertema psikotes dan job seeking. Sementara di sebelah kanan adalah koleksi tiga bulan terakhir.

Aku termasuk salah satu orang Indonesia yang masih berpendapat bahwa buku belum menjadi budaya populer di Indonesia. Alasannya satu: harga buku mahal! Tetapi meminjam kata-kata Kak Deddy Corbuzier: hati yang menolak, memunculkan 1001 alasan! Sebaliknya hati yang tergerak, memunculkan 1001 cara!

Aku sangat yakin, di sebagian besar kota saat ini sudah terdapat perpustakaan umum yang dibiayai oleh pemerintah daerah. Setidaknya aku berasumsi bahwa pembaca sekalian adalah warga ibukota (setidaknya provinsi). Di Kota Malang saja, yang bukan ibukota, ada sebuah perpustakaan umum yang begitu lengkap koleksinya. Belum lagi akses yang dibuka untuk umum oleh perpustakaan yang tersebar di beberapa universitas negeri dan swasta di penjuru negeri.

Aku pribadi masih lebih memilih untuk membeli sendiri. Alasanyya sih masih dangkal: pride. Artinya, walau bukunya menumpuk, cuma dibaca sekali atau bahkan belum pernah dibaca, yang penting punya dulu deh :D

Yang juga bisa aku ceritakan, aku sudah 2 kali mendapatkan undian buku gratis dari acara Kick Andy. Buku pertama Life Lessons dan kedua berjudul Pohon Abadi. Buku yang pertama belum aku baca secara keseluruhan (belum khatam), hanya baru kubaca ringkasan per babnya aja, setelah itu buku aku tumpuk. Anehnya, mungkin karena kualitas kertasnya, sekarang bukunya tampak seperti buku tua. Ada bercak-bercak seperti karat di bagian pinggiran kertas. Harus belajar cara menyimpan buku lebih baik nih! Buku kedua, sebenarnya aku kurang suka. Buku ini berisi kumpulan cerpen, yang sebagian besar semacam fabel. Dan dengan alasan itu, aku juga belum membaca buku ini secara meneluruh...

Untuk menambah pride, aku juga bergabung di goodreads.com (buat akun maksudnya). Belum banyak temen yang bener-bener aku kenal yang bergabung dan aktif meng-update koleksi bukunya di sana.

Oh iya. Karena buku adalah salah satu hal yang cukup aku minati, maka ke depannya melalui blog ini aku akan menulis resensi (review) dari beberapa koleksi yang kumiliki. Semoga bisa bermanfaat dan lebih-lebih dapat saling bertukar bahasan dengan blogger pecinta buku (non-fiksi) lainnya.

Semoga tulisan ini bisa memprovolasi pembaca sekalian untuk membaca dan meresensi. Ikatlah ilmu dengan membaca dan menuliskannya!

PS. Dalam tulisan ini awalnya aku menggunakan kata saya, lalu aku ganti menjadi aku. Di tulisan berikutnya, entah aku lebih memilih menggunakan kata yang mana... (dilema.com)

No comments:

Post a Comment