Wednesday, July 10, 2013

Kompetensi?

Beberapa blog hanya sekadar membagi hal-hal unik yang ada di dunia (semacam topik-topik KasKus atawa On the Spot gitu deh), sementara blog lainnya benar-benar fokus pada satu bidang. Bagaimana dengan saya pribadi?

Di sekolah dasar dan menengah, saya cukup dikenal di kalangan teman-teman sebagai anak yang jago komputer. Namun saya pribadi tidak merasa demikian. Terlalu banyak nama di sekitar saya yang jauh lebih jago (yang saya maksud adalah mereka yang tahu apa itu Ruby on Rails, Syndication, Agile, dll). Tetapi tidak bisa saya pungkiri bahwa saya punya jam terbang cukup tinggi dalam hal berhadapan dengan teknologi komputer terapan sehari-hari.

Saya sudah mengenal MS DOS dan bahkan MS Windows 3.11 sewaktu di sekolah masih diajarkan Wordstar. Tetapi ini (hampir) tidak memiliki arti apa pun.

Yang paling menjadi dilema adalah dalam hal desain web. Memang saya menjadikan pengembangan web sebagai tema skripsi saya. Tetapi jam terbang saya dalam hal programming dan designing masih terbilang rendah. Saya melihat pembuatan web sebagai hal yang rumit dan kaku. Untungnya ada banyak solusi yang salah satunya yakni berbagai CMS gratisan yang tinggal pakai (pasang dan sunting).

Dalam hal jaringan komputer (dan hardware service secara keseluruhan) jam terbang saya juga masih sangat rendah. Untungnya ada mbah Google yang bisa selalu dijadikan rujukan.

Kesimpulannya, kata jago masih belum pantas saya sandang. Akan tetapi, it will be my pleasure jika ada rekan2 yang meminta pertolongan saya karena merasa saya cukup mampu membantu. *opo to iki

Yang pasti, saat ini saya cukup tertarik dengan dunia internet dan blog (atau secara umum: dunia menulis). Pertanyaan seputar topik ini akan saya jawab dengan senang hati.

No comments:

Post a Comment